Ada Pertanyaan? Hubungi Kami di 081 80 253 8484 atau kirim email ke redaksi@baitulmalfkam.com

Dakwah Dan Pendidikan

Berdakwah untuk perbaikan individu muslim, pembentukan keluarga muslim, pembinaan masyarakat Islam, pembebasan tanah air dari ancaman musuh, perbaikan pemerintahan agar senantiasa memperhatikan kemaslahatan umat merupakan risalah para Nabi dan Rasul. Setiap Nabi berkewajiban mendakwahkan wahyu dari Allah l yang diterimanya kepada umatnya. Ia harus mentablighkan risalah-Nya dengan penuh amanah, kejujuran, kecerdasan, dan kesabaran di tengah masyarakatnya. 

Berdakwah juga merupakan kewajiban syar’i yang harus dilakukan oleh setiap umat Islam berdasarkan ayat berikut, “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; mereka adalah orang-orang yang beruntung.” (QS. 3: 104).
Selain merupakan kewajiban syar’i, dakwah juga merupakan kebutuhan masyarakat. Karena dengan dakwah, masyarakat mampu memahami nilai-nilai kebenaran Islam, mampu membedakan antara yang hak dan yang batil serta akhirnya bisa mengaplikasikan ajaran Islam ini lewat sentuhan lembut tangan para da’i yang bijak, para penunjuk jalan yang tegar dan para mubaligh yang sabar. Dakwah merupakan muara segala kebaikan, benteng penangkal siksa dan sarana yang menghantarkan do’a para hamba kepada Rabbnya.
BaitulMal FKAM merasa perlu untuk ikut ambil bagian dalam mengembangkan dakwah Islam melalui program ini, yang mencakup: Pengiriman Dai, Santunan Dai, Pembelajaran Al-Qur’an, Penyelenggaraan Kajian, dan Pengembangan Dakwah dan Pendidikan.
  1. Pengiriman Dai, Pengiriman dai  diprioritaskan ke daerah-daerah yang sangat membutuhkan, misalkan ke daerah terpencil yang jauh dari dakwah Islam dan juga ke daerah bencana yang tidak hanya membutuhkan dari sisi materi, tetapi juga sangat membutuhkan dukungan moril dan sentuhan-sentuhan ruhani.
  2. Santunan Dai, meliputi Kafalah Dai dan Santunan Keluarga Dai.
  3. Pembelajaran Al-Qur’an, meliputi MURI, Tahsin, dan BTA.
  4. Penyelenggaraan kajian, meliputi kegiatan-kegiatan Seminar, Tabligh Akbar, dan Bedah Buku.
  5. Pengembangan Dakwah dan Pendidikan, yang akan diwujudkan dengan Pelatihan Dai, Pembuatan Materi Dakwah, Penyebaran Buku Islam, dan juga Pendidikan Tinggi Dai.

Delete this element to display blogger navbar

 
Baitulmal FKAM | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets,Menopause symptoms, and modified by Baitulmal FKAM | Email: baitulmalsolo@gmail.com | Kontak: Hp. 0897658655