Ada Pertanyaan? Hubungi Kami di 081 80 253 8484 atau kirim email ke redaksi@baitulmalfkam.com

Tanggap Bencana

Program Tanggap Bencana Alam adalah salah satu dari program BaitulMal FKAM yang bertujuan untuk memberikan pelayanan bagi daerah-daerah yang terkena bencana alam. Yakni dengan cara menggalang dana dari masyarakat untuk kemudian disalurkan berupa bantuan kebutuhan pokok, rehabilitasi medik, rehabilitasi mental, pembangunan sarana ibadah, pembangunan tempat tinggal, dan pembangunan sarana umum lainnya.
Secara singkat, program ini terangkum dalam beberapa poin, yakni Emergency Respon, Pembangunan Huntara, Bantuan Logistik, Penanganan Psikososial, Pembangunan Sarana Umum, dan Pembiayaan Pelatihan Relawan.
  1. Emergency Respon, yaitu Pengiriman tim medis dan tim SAR ke daerah bencana.
  2. Pembangunan Huntara, dengan memberikan hunian (rumah tinggal) sementara yang terbuat dari papan, diharapkan masyarakat korban bencana dapat lebih nyaman daripada harus tinggal di tenda-tenda darurat.
  3. Bantuan Logistik, merupakan bagian dari tanggap darurat bencana yang diberikan sesegera mungkin mengingat logistik sebagai kebutuhan dasar.
  4. Penanganan Psikososial, Program ini dilaksanakan dalam rentan waktu yang panjang dengan tujuan untuk rehabilitasi mental dan memberikan sentuhan ruhani bagi korban bencana.
  5. Pembangunan Sarana Umum, bertujuan untuk memudahkan masyarakat korban bencana dalam kebutuhan mereka terhadap sarana umum.
  6. Pembiayaan Pelatihan Relawan, dengan bekerjasama dengan tim SAR FKAM, mendelegasikan anggotanya untuk mengikuti pelatihan-pelatihan penanganan bencana.

Delete this element to display blogger navbar

 
Baitulmal FKAM | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets,Menopause symptoms, and modified by Baitulmal FKAM | Email: baitulmalsolo@gmail.com | Kontak: Hp. 0897658655