Ada Pertanyaan? Hubungi Kami di 081 80 253 8484 atau kirim email ke redaksi@baitulmalfkam.com

Si Ajaib Itu Bernama Sedekah

Pernahkah kita menjumpai hal yang menghebohkan dalam diri kita? Mungkin mendapatkan sesuatu yang tidak pernah kita duga sebelumnya seperti yang dialami Lihan (34), suatu saat ia ingin menyelenggarakan acara bersama dengan 1428 anak yatim dan panti asuhan di Banjarmasin, ia ingin mengundang seorang ustadz kondang dari Jakarta, namun menjelang hari H, uang belum tersedia juga.
Ia semakin galau saat pihak event organizer menanyakan kepastian acaranya. Singkat cerita, iseng-iseng ia pergi ke bank mengecek rekening. Ajaib, ada uang Rp 1 miliar di dalamnya. Ia mengecek ke petugas bank kalau-kalau ada salah transfer, ternyata tidak. Namun nama pengirimnya “gelap”. Tak hanya sekali saja. Keesokan harinya, uangnya bertambah Rp 1 miliar lagi. “Sampai saat ini orang yang mengirim uang ke rekening saya tidak tahu, ” ujarnya. Padahal untuk membiayai acaranya, ia hanya butuh uang Rp 200 juta. Demikian kisah yang pernah dimuat di koran nasional terbitan jum’at 25 April 2008.
Sangat mengejutkan. Sesuatu yang tidak pernah terduga, tidak pernah pula terlintas sama sekali dalam benak Lihan. Wallahu a’lam, mungkin karena Lihan suka menyedekahkan sebagian penghasilannya atau mungkin menyedekahkan banyak waktunya untuk mengurus anak-anak yatim sehingga ia mendapatkan balasan langsung di dunia.
Ya, terkadang Allah l menggantikan apa yang telah kita sedekahkan di dunia dengan berpuluh kali lipat, datang dengan tiba-tiba, tanpa kita duga sebelumnya. Semakin banyak yang diinfakkan, semakin banyak pula balasan dari Allah l. Ibarat tempat wudhu, semakin banyak kran yang diinginkan, semakin besar pula ukuran tampungan air yang dibuat, air yang tertampung semakin banyak, dan semakin banyak pula air yang memancar untuk berwudhu.
Sedekah pun tidak harus dengan uang, sebab Rasulullah n pernah bersabda, “Setiap kebaikan adalah sedekah, dan termasuk kebaikan itu adalah jika engkau menemui saudaramu dengan wajah berseri-seri, atau engkau menuangkan air dari timbamu kepada bejana milik saudaramu.” (HR. At-Tarmidzi).
            Mungkin kita pernah mengalami sebagaimana Lihan? Kalau belum pernah, hendaknya kita tetap berbaik sangka kepada Allah l, barangkali balasan bagi kita masih tertunda dan akan diberikan kelak di akhirat. Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya pahala sepuluh kali lipat amalnya, lihat surat Al-Anfâl ayat 160, atau bahkan 700 kali lipat, lihat surat Al-Baqarah ayat 261, itu janji Allah l dan Dia pasti memenuhi janji-Nya.

Delete this element to display blogger navbar

 
Baitulmal FKAM | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets,Menopause symptoms, and modified by Baitulmal FKAM | Email: baitulmalsolo@gmail.com | Kontak: Hp. 0897658655